Friday, March 9, 2012

Oleh-oleh...Haruskah?

Menurut KBBI oleh-oleh adalah sesuatu yang dibawa dari bepergian; buah tangan. Sebagai orang Indonesia sepertinya oleh-oleh wajib hukumnya, setidaknya dari bepergian kita harus membawakan buah tangan untuk keluarga, sahabat, dan teman kantor. 

Katanya oleh-oleh ini adalah tanda bahwa kita yang sedang melakukan perjalanan tetap ingat dengan keluarga dan sahabat. Terkadang bingung juga saat memilih oleh-oleh, takut tidak cocok, jadi tidak dihargai dan akhirnya dibuang.

Biasa saya memberikan makanan atau minuman khas setempat. Kelebihannya mudah didapat dan tidak perlu memikirkan soal kecocokan karena bisa untuk siapa saja. Dari segi budget pun bisa cukup hemat karena tidak perlu membeli sesuai jumlah orang yang akan diberi (satu kantung makanan bisa dimakan ramai-ramai :D). Namun oleh-oleh jenis ini ada kendalanya juga yaitu lumayan berat jadi cukup repot membawanya dan tidak tahan lama.

Nah ada juga yang namanya titip oleh-oleh. Begitu ada yang mengetahui kita akan pergi kesuatu tempat, biasanya akan ada pesanan barang tertentu yang katanya hanya ada di tempat yang kita kunjungi itu. Hati-hati dengan orang yang menitip dibelikan sesuatu dan kemudian akan diganti katanya. Bisa terjadi barang beda warna, beda ukuran atau sedikit di luar budget, bisa-bisa uang tidak diganti...hiks...

Saya tidak pernah meminta atau menitip oleh-oleh tetapi tentu tidak menolak jika diberikan...huahaa...anyway memang lebih enak jika tidak ada yang titip-menitip jadi kita bisa menikmati liburan dengan nyaman (tidak perlu spare waktu khusus untuk mencarai barang titipan tersebut).

Saran saya tidak perlulah memaksakan diri membeli oleh-oleh jika memang tidak ada budget, kecuali sudah diberi uang tunai dahulu oleh si penitip untuk membeli sesuatu. Hukuman terberatnya ya paling digosipin sebagai orang pelit....hihiiii....eh tapi ya pelit itu beda tipis sama hemat loh...so kalau mau perjalanan yang hemat tidak perlu membawa oleh-oleh :D
oleh-oleh yang pernah saya terima

1 comment:

Tebak Ini Siapa said...

Iyah bener kalo gak dibeliin dibilangin pelit :(
Padahal kannn...
Emang bener sih, hahahaha!