Sunday, January 8, 2012

Dieng Plateau

Pengalaman pertama ikutan giveaway nich...Giveawaynya Mba Una...

Setelah nonton FTV Kutemukan Cintaku di Wonosono (cast by Rio Dewanto & Prisia Nasution) jadi pengeen banget ke Dieng..pemandangan nya itu loh indah banget dan karena saya juga suka yang namanya daerah dataran tinggi^^

Dataran tinggi Dieng ini terletak 30 km dari kota Wonosobo. Nama Dieng berasal dari bahasa Sansekerta "Di" yang artinya tempat yang tinggi dan "Hyang" yang berarti tempat para dewa dewi. Penduduk setempat kadang mengartikannya sebagai tempat yang indah dengan suasana spiritual.

dieng plateau gate by 2121studio.com

Ada adegan dimana Rio & Pia ngobrol di atas pohon tumbang di pinggir danau yang bener2 keren dan Danau itu adalah Telaga Warna. Saya juga ingin merasakan berjalan di atas pohon tersebut, semoga saat kesana tuh pohon masih ada yaa...

telaga warna by Jane Sweeney - Lonely Planet Photographer

Nah pertanyaannya bagaimana caranya untuk sampai ke Dieng, transportasi dan akomodasinya bagaimana. Hasil dari googling ternyata lumayan susah juga ke sana ya. Untuk mencapai Dieng bisa melalui Wonosobo atau Banjarnegara. Wonosobo merupakan jalur yang paling banyak dipilih dengan pertimbangan jarak lebih pendek, tidak terlalu banyak tikungan (karena daerah pengunungan) dan lebih mudah dibanding dengan melalui Banjarnegara. Kota transit utama yang biasa digunakan oleh wisatawan adalah Jogyakarta, Solo dan Semarang (jauh semua ya dari Jakarta :p).

Selain danau vulkanik Telaga Warna -yang sering memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru dan putih- objek wisata lainnya adalah kompleks candi-candi Hindu (Candi Pandawa), Gua Semar, Kawah Sikidang, Dieng Volcanic Theater, kebun sayuran dan kebun teh.

Dan ikon kuliner yang tidak boleh dilewatkan saat di Dieng adalah Mie Ongklok, yaitu mie dengan paduan sayuran dan kuah kental yang merupakan resep rahasia serta cara memasak yang unik.

Ada yang mau bareng ke Dieng???


Photobucket

2 comments:

Una said...

Jauhan Merauke dari Jakarta ketimbang Jogja Solo Semarang :P
Aku belum pernah ke dieng.

Mbak, kopi html-nya di tab html, bukan di compose. :)

Segera kucatat~

Rizka Sunniya said...

gambarnya bagus mba :)