Tuesday, February 28, 2012

In-flight Safety Demonstration

Pada setiap penerbangan, sebelum pesawat take off pasti akan ditampilkan peragaan petunjuk keselamatan. Hal ini sesuai dengan protokol penerbangan secara internasional, bahwa pramugari / pramugara harus memperagakan cara penyelamatan diri jika kalau sewaktu-waktu terjadi pendaratan darurat atau kecelakaan pesawat terbang. 
Dari sedikit kali saya berkesempatan naik pesawat dalam perjalanan saya, saya perhatikan sering kali cukup banyak penumpang yang kurang memperhatikan petunjuk keselamatan ini. Entah karena mereka sudah sering terbang sehingga hapal dan mengerti benar peragaan tersebut atau memang para flight attendance tersebut hanya dianggap sebagai bumbu pelengkap penerbangan saja.

Saat ini ada beberapa maskapai yang menggunakan cara yang kreatif dan tidak membosankan untuk mendemonstrasikan cara menggunakan alat keselamatan penumpang. Salah satunya adalah Cebu Pacific Airlines. Para flight attendance mereka menari saat memberikan instruksi keselamatan. Tarian ini diharapkan dapat menarik perhatian para penumpang.
Saya sendiri sich selalu memperhatikan cara-cara yang dipraktekan tersebut. Ngeri boo kalau tiba-tiba terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan saya tidak tahu cara menggunakan peralatan keselamatan yang sudah disediakan.

Jujur ya, saya hanya ingat pada saat peragaan tersebut, setelah itu lupa x_X
Secara memang agak-agak lemot kalau berkaitan dengan petunjuk-petunjuk gitu. Jadi kalau beli gadget baru pasti nanya orang cara penggunaan fitur-fiturnya. Lier d pokoknya kalau baca manual book gitu :|

Tetapi bukankah kondisi saat panik akan berbeda dengan ketika suasana tenang. Pikiran dan motorik mungkin dapat disinkronisasikan pada saat tenang, namun saat musibah terjadi tiba-tiba, pikiran kalut bisa jadi menutup ingatan kita akan cara-cara menyelamat diri itu tadi. Apakah penumpang akan hafal dan siap mengikuti aturan main penyelamatan diri? Bisa jadi baju pelampung ditiup dan ditarik mengembang sebelum keluar dari pesawat atau penumpang berebutan menuju pintu depan yang digunakan saat masuk ke dalam pesawat tadi, padahal dapat keluar juga melalui exit door yang ada di bagian tengah pesawat.

Sungguh perlu bagi setiap penumpang untuk terus memperhatikan dan mempersiapkan perangkat keselamatan terbang. 

5 comments:

Una said...

Kalau di pesawat aku selalu melihat mbaknya atau masnya meragain. Hihi waspada, kan kita gak tahu bakal kenapa2 atau nggak nantinya :)
Keren banget tuh pake nari. :)

Ika Andayanie said...

kalau flight attendance nya nari-nari gitu..wonder juga penumpangnya jangan2 merhatiin wajah mereka yang cantik dan ganteng aj ;))

Deby Putra Bahrodin said...

aku malah endak terlalu memperhatikan mbak.. ehehehe... kunjungan pertama.. slam kenal

Susu Segar said...

udah cocok ntu jadi pramugari. . mpe apal banget gitu. . .

agung sektiono said...

paling enak liat mbk2 pramugarinya yg cantik2 iku lo demonya mah malah gak tak perhatiin ehh tapi ada yg lucu di maskapai citilink mbak pramugarinya baca pantun kl mau take off n landing jadi ada hiburannya!paling enak kl garuda indonesia pramugarinya banyak senyumnya indonesia beutttt