Sunday, February 5, 2012

2435 Anak Tangga di Bukit Kasih Tomohon

Tomohon 2011

Salah satu lokasi yang kami pilih saat extend outing (ex)kantor di bulan April 2011 adalah Bukit Kasih yang terletak di daerah Tomohon, sekitar 1 jam perjalanan dari kota Manado.
Dinamakan Bukit Kasih karena di sana terdapat tempat-tempat ibadah simbol semua agama di Indonesia. Tempat-tempat ibadah ini terletak di puncak bukit, yang untuk mencapainya kita harus mendaki anak tangga yang jumlahnya ribuaaan Sodara-Sodara #:-s
tempat peribadatan dari lima agama yang berjejer, sayangnya kurang terawat
Pengunjung bisa memilih dua rute untuk menuju ke puncak, rute sebelah kanan yang merupakan jalan salib dengan anak tangga yang curam yang pastinya melelahkan atau rute di sebelah kiri. Atas anjuran anak-anak kecil yang menemani naik, kami memilih lajur sebelah kiri yang lebih landai.
Memandang ke atas dan sekeliling terlihat bahwa tempat ini luas sekali dan tangga mengular yang harus dilewati banyak sangat (ketar ketir sebab pengalaman beberapa tahun lalu hiking di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun membuat 1 minggu kaki pegal dan pinggang encok padahal belum tua :p). Karena teman-teman yang lain lanjut ke atas dan secara tidak mau ditinggal sendiri di bawah, ya sud ikutlah ke atas.
Hawa dingin yang bercampur bau belerang akan langsung tercium begitu kita mulai mendaki...
Beberapa kali berhenti untuk mengambil napas dan minum...sambil foto-foto tentunya ;)
Akhirnya berhasil juga sampai di atas...
Lega dan gembira ketika sampai ke puncak bukit dengan pandangan yang sangat luas ke bawah. Foto-foto narsis dulu...
Merendam kaki di air belerang saat sudah turun...

3 comments:

vira anggraeni said...

ada fotoku disana....^.^

aroengbinang said...

rute naik yang di kiri memang masih oke, meski tetep capekkk :)); turunnya lewat jalar kanan, dan emang berat.... sayang aku gak sempet rendem kaki, keburu malem; btw, foto header-mu cakep...!

Ika Andayanie said...

Thanks untuk info Cirebon nya Mas^^