Wednesday, July 22, 2015

Edelweis Bromo


May 2015


Edelweis adalah salah satu cinderamata yang bisa dibawa dari Bromo. Menurut para penjualnya, bunga ini didapatkan di Gunung Semeru bukan dari daerah sekitar Bromo. Bunga-bunga edelweis di Bromo langka karena rusak akibat aktifitas vulkanik.

Bunga-bunga ini dijual dengan harga Rp 15.000,- s.d. Rp 50.000,-. Pintar-pintar menawar aja dan kalau sudah membeli jangan iseng tanya-tanya harga ke penjual lain, bisa sakit hati kalau ternyata dikasih lebih murah. Berdasar pengalaman, makin ke atas kawah,  penjual akan memberi harga yang murah.

Selain edelweiss putih ada juga warna merah, unggu, hijau dan kuning. Kalau menurut penjualnya asli bunganya berwarna-warni demikian, tapi kok ga yakin ya, kaya diwarnain gitu sich…

Saat di padang savana ada seorang Ibu yang menawarkan edelweis dan lavender, tertarik dengan lavendernya saya mencoba menawar. Harga yang ditawarkan Rp 25.000,-, saya tawar menjadi Rp 15.000,- dan dikasih, senang donk ya. Tidak berapa lama ada teman yang datang dan juga menginginkan bunga ini, dia nawar Rp 10.000,- dan dikasih donk sama si Ibu. BT banget, dia kasih itu harga di depan saya terus langsung melengos pergi, pret lah...
lavender wannabe
Dan ini penampakan bunga lavender tersebut. Menurut si Ibu ini lavendernya baru berbunga jadi belum berbulir-bulir, ditunggu sekitar seminggu saja baru muncul bulirnya dan akan keluar harum lavendernya. Saya percaya ya, tapi ternyata seminggu sampai di Jakarta malah kaya bulukan. Dua kali pret lah, dua kali tertipu.

No comments: