Monday, May 7, 2012

Pantai Pasir Merica

 Lombok 2009

Pantai Aan terletak kurang lebih 30 km dari Bandara Internasional Lombok. Untuk menuju pantai ini harus melewati Pantai Kuta Lombok. Jangan heran jika di sepanjang perjalanan akan sering melihat anjing-anjing berkeliaran, tapi tenang binatang ini tidak akan menggigit atau membuat takut, anjing-anjing ini sangat disayang oleh masyarakat sana.
Jalanan berliku dan menanjak mewarnai perjalanan. Bila sudah bertemu batu-batu karang besar, bukit yang tinggi, serta tidak terdapat rumah penduduk, berarti telah tiba di Pantai Tanjung Aan. Pantai Tanjung Aan diselimuti pasir-pasir yang bersih. Warna air lautnya juga bersih.
Yang unik adalah keberadaan pasir merica di kedalaman kurang lebih dua meter pasir Pantai Tanjung Aan. Pasir merica yang berada di pantai ini tidak terkena air laut sehingga kita harus menggalinya dengan tangan untuk menemukan pasir berbutir ini. Masyarakat Lombok Tengah meyakini pasir ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit. 
Jika tidak mau repot-repot menggalinya, kita bisa membelinya dari penduduk setempat dengan harga sekitar Rp 5000. Hanya saja kadang pengunjung bisa terganggu oleh beberapa penduduk yang menjual pasir-pasir merica dan souvenir-souvenir lainnya dengan cara agak memaksa.

Pasir merica ini hanya ada di Tanjung Aan, meskipun di wilayah Lombok Tengah ada banyak pantai. Selain itu, yang unik lainnya adalah bila melihat dari kejauhan warna air lautnya ada dua, yaitu hijau dan biru gelap. Warna hijau menandakan  airnya tidak dalam.
Di pantai ini juga terdapat sebuah bukit kecil yang dapat didaki. Di balik bukit kecil tersebut kita tidak akan lagi menemukan pasir dengan bentuk butiran merica lagi melainkan pasir putih yang sangat halus.
Suasana yang tenang menjadi pilihan untuk datang ke tempat ini. Di sekitar lokasi ini sama sekali tidak ada tempat penginapan yang berdiri, hanya hamparan padang rumput tempat warga melepas hewan ternaknya yang terlihat di jalan menuju Pantai Tanjung Aan. 
Bagi yang ingin berkunjung ke lokasi ini dapat memilih tempat penginapan terjangkau yang tersedia di sekitar Pantai Kuta Lombok. Saat itu kami menginap Tastura Beach Resort. Maunya sich di Novotel, tapi mahal  :D

3 comments:

Ahmad Firdaus said...

Bagus tempat wistanya..asik deh yang jalan2 :P

salam kenal ya..kunjungan baliknya ya
http://madz666.blogspot.com

Mila Said said...

ini pantai ngetop banget yak, tapi gw blm pernah kesana hahahaa...
bener loh pasirnya beneran bulet2 kayak merica, kog bisa yaaaah... luccuuuuu

Tebak Ini Siapa said...

Hueee mau ke Tanjung Aan juga...
Aku pernah ke Novotel Kuta Lombok,
masuk doang ke pantainya, tapi kaga nginep hihihi...
Sinyal di sana pun susah T.T