Thursday, November 22, 2012

Wisata Museum, Ambarawa

Ambarawa 2012
Museum Kereta Api Ambarawa dulunya adalah stasiun kereta api (Stasiun Willem I) yang sekarang dialihfungsikan menjadi museum yang berlokasi di Ambarawa (sekitar 2 jam dari Semarang) yang memiliki kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada eranya. Salah satu kereta api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 sampai sekarang masih dapat menjalankan aktivitas sebagai kereta api wisata.
Kita bisa menaiki kereta api kuno yang masih menggunakan ketel uap tersebut. Uniknya jalur kereta yang digunakan adalah jalur kereta bergerigi. Jalur kereta bergerigi ini digunakan untuk mendaki jalur kereta yang meninggi menuhi Stasiun Kereta Bedobo yang berjarak sekitar 9 km. Fungsi kereta-kereta ini pada awalnya untuk mempermudah angkutan pasukan Belanda ke Semarang, ada 22 lokomotif dalam kondisi baik di halaman utara dan barat, sebagian pernah berperan mengangkut tentara Indonesia. 
Memasuki halaman parkir, terlihat beberapa lokomotif tua dan lokomotif kecil yang dipajang di halaman samping bangunan, diletakkan di tempat terbuka, menyebar di bawah rimbunnya pepohonan.
Saat berkunjung di Juli suasana tidak begitu ramai karena museumnya sedang direnovasi, tetapi untuk bagian luarnya masih terbuka. Yang direnovasi adalah ruang pamernya, yaitu tempat menyimpan beberapa koleksi museum seperti pesawat telepon kuno, mesin ketik, mesin hitung, mesin telegram,stempel karcis, hingga beragam topi masinis. Selain itu, terdapat foto-foto tentang sejarah perkeretaapian di Indonesia (hasil ngintip :D). Di sisi kiri dan kanan bangunan berjajar kursi kayu tua yang nyaman untuk menikmati segarnya angin, bisa untuk photo-photo juga^^
Tidak jauh dari Museum Kereta Api ada Museum Palagan Ambarawa  untuk memperingati peristiwa perlawanan rakyat terhadap Sekutu yang terjadi di Ambarawa, setelah bertempur selama 4 hari. Dimana pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir dan Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur ke Semarang. Kemenangan pertempuran ini kini diabadikan dengan didirikannya Monumen Palagan Ambarawa dan diperingatinya Hari Jadi TNI Angkatan Darat atau Hari Juang Kartika.
 http://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Kereta_Api_Ambarawa

2 comments:

Cumi MzToro said...

naik kereta katel uap biaya nya brp yaaa ???? seru juga kayak nya

Ika Andayanie said...

untuk lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 bisa sewa secara khusus, tarif nya sekitar 5 jutaan

ada juga lori wisata sekitar 20 ribuan