Friday, August 24, 2012

Gereja Katedral Randusari

Semarang 2012
Minggu pagi itu sedianya kami akan mengikuti Misa pagi jam 07.00 atau 08.45, tetapi karena saya baru bisa tidur subuh berakhirlah rencana itu. Sekitar jam 10.00 kami baru keluar dari hotel di daerah Simpang Lima menuju ke Jalan Pandanaran dimana Kateral Semarang berada. Berjalan kaki dari Ibis Simpang Lima memakan waktu kurang lebih 30 menit (jalan santai) :D
Gereja Katedral Semarang (Gereja SPM Ratu Rosari Suci) terletak di kawasan Tugu Muda, tepatnya di Jalan dr. Soetomo, dekat  (seberang) dengan Lawang Sewu. Kompleks Katedral terdiri dari gedung pertemuan, balai pengobatan dan sekolah (SD Bernadus dan SMP Dominico Savio). Katedral Agung Semarang menjadi gereja induk di wilayah Keuskupan Jawa Tengah. 
Bangunan katedral termasuk dalam kategori bangunan bersejarah yang dilindungi Pemerintah Kota Semarang. Arsitektur bangunan berorientasi pada arsitektur Barat. Kompleks bangunan didesain berbentuk segi empat dengan tiga pintu masuk, masing-masing berada di sisi Barat, Selatan dan Utara. Sebagian dinding dilapisi batu alam, konstruksi atap berbentuk limasan mejemuk, yang ditutup dengan genteng. Dirancang oleh J.Th.Van Oyen, bekerja sama dengan konstruktor Kleiverde.
Bersebelahan dengan gereja ada bangungan baru yang merupakan kediaman dan kantor Keuskupan Agung Semarang. Uskup Agung Semarang yang pertama adalah Mgr. A. Sugiyapranata. 

Sekitar jam 10.30 kami sampai dan kompleks gereja sudah sepi, hanya ada tukang leker yang berjualan di depan. Rasa dan harga kue lekernya sama saja seperti yang di Jakarta. Mestinya lebih murah dari Jakarta ya :p

5 comments:

ellalae said...

gereja ini yg jadi tmpt syuting Soegija kan ya??
jd pengen kue lekkernya ;D

kharis alimoerdhoni arief said...

Keren abis, pasti tambah nikmat ibadah

Ika Andayanie said...

yaps :D

Tebak Ini Siapa said...

Ooow jalan pandanaran??
Kok pas aku jalan kaki di sana gak liat ya hihihi *gak perhatian*

Ika Andayanie said...

gerbang gereja nya harus belok kiri dulu Una, jadi masuk ke jalan Dr. Sutomo :D