Wednesday, May 22, 2013

Gereja Katedral Pangkalpinang

April 2013
Saat mengunjungi Bangka saya berkesempatan untuk mengikuti misa di Gereja St. Yosef Pangkal Pinang. Gereja ini berlokasi di Jl. Gereja Kota Pangkal Kemenangan 91. Seperti kebanyakan Gereja Katedral lainnya, bangunan dan interior gereja nya sudah berumur cukup tua. Bersebelahan dengan gereja ada kompleks Sekolah Budi Mulia (TK-SMP) dan bagian depannya ada kompleks ruko/pasar.

Misa Hari Minggu Paskah IV bertepatan dengan minggu panggilan, pada homilinya pastor menceritakan sekilas tentang sejarah berdirinya keuskupan Pangkal Pinang yang ternyata selain mencakup wilayah Bangka dan Belitung juga sampai ke Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau. Kenapa bisa jadi satu keuskupan ya, apa KepRi & BaBel dekat?
Gereja ini telah menghasilkan imam projo pertama kelahiran Pangkalpinang yaitu Pastor Mario John Boen. Saat ini putra daerah asli yang telah menjadi pastor terbilang masih sedikit, melalui minggu panggilan diharapkan umat untuk ikut serta mendoakan supaya banyak anak-anak muda yang tergerak untuk menjadi imam termasuk anak-anak mereka sendiri.

1 comment:

Mila Said said...

Bagus ya gerejanya.