Sunday, July 1, 2012

Batam Menghitam

Sep 2008


Bukan tanpa alasan kalau saya membuat judul demikian, tapi fakta memang membuktikan kalau Batam itu panas. Jadi siap-siap saja menjadi hitam saat mengunjungi pulau yang bertetangga dengan Singapura ini.

Jembatan Barelang
Barelang sendiri adalah singkatan dari Batam, Rempang dan Galang, yakni nama pulau-pulau yang sudah terhubungkan oleh beberapa jembatan. Tiap jembatan sebenarnya mempunyai namanya masing-masing. Ini mengambarkan teknik yang menakjubkan dari teknologi jembatan yang menghubungkan enam pulau Batam. 

Seluruh jembatan (total panjang 6 jembatan) membentang di panjang sekitar total dua kilometer dengan terpanjang adalah jembatan pertama sekitar 642m dan akan membawa kita sekitar lima puluh menit untuk perjalanan dari jembatan pertama ke jembatan terakhir. Bagian yang menakjubkan adalah kita akan merasa seolah-olah bepergian pada satu pulau tunggal sementara sebenarnya telah melewati enam pulau yang berbeda. Kita akan menemukan beberapa pemandangan pulau di sini yang Anda dapat ditangkap di kamera Anda.

KTM Resort
Jangan lupa pula sempatkan diri berkunjung ke KTM Resort, sebuah resort yang berada di daerah Sekupang yang langsung menghadap ke Singapura. Di KTM Resort terdapat patung Dewi Kwan Im berukuran 26 m. Patung ini merupakan patung Dewi Kwan Im tertinggi di Indonesia dan sudah tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI). Menurut tour guide kami KTM adalah singkatan nama dari sang pemilik.


Patung Dewi Kwan Im di KTM Resort ini telah menjadi salah satu magnet pariwisata di Batam. Keberadaan patung setinggi lebih kurang 26 meter tersebut semakin menyempurnakan keindahan KTM Resort yang menghadap langsung ke Singapura. Sebagai tempat sembahyang, di sekitar lokasi patung Dewi Kwan Im juga terdapat vihara dan klenteng. Tempat ini biasa juga ramai pengunjung saat perayaan Imlek atau tahun baru Cina.



Setelah dari KTM Resort ini kami meneruskan perjalanan ke ferry terminal untuk menyeberang ke Singapura. Perjalanan pertama saya ke luar negeri segera akan dimulai :D :D :D

No comments: