Saturday, April 15, 2017

Minangkabau Cultural Center

Mar 2017

Setelah kenyang mencicipi Sate Mak Syukur, kami langsung beranjak menuju Minangkabau Cultural Center atau Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) yang berlokasi di Padang Panjang. Jadi PDIKM ini bisa dikatakan sebagai museum yang berisikan segala dokumentasi dan informasi yang berkaitan dengan kebudayaan Minang.

Bangunan PDIKM berbentuk Rumah Gadang besar dengan halaman yang luas. Di bagian bawah Rumah Gadang ini terdapat Pelaminan Minang. Mereka menyewakan pakaian-pakaian adat kepada pengunjung dengan biaya Rp 25.000/orang. Kemudian setelah didandani lengkap dengan sunting dapat berfoto di pelaminan. Jika difoto oleh fotografer yang berada di sana dikenakan biaya lagi, biaya untuk cetak fotolah bisa dibilang. 

Pada saat kami datang ada rombongan berpuluh-puluh orang yang antri menyewa pakaian dan berfoto di lantai bawah dan kemudian lanjut berfoto di lantai atas.

Saya mah nontonin aja mereka, lumayan heboh loh walau sudah cukup dewasa :D

Kemudian jadi fotografer untuk teman-teman ini. Kenapa saya tidak ikut sewa pakaiannya? Ya karena itu pakaian kan abis dipake orang-orang ramai itu, yang pasti keringetan ya karena sumpek banget di bawah sana, jadi ya begitulah..hehe..kecuali itu baju baru dari laundry bolehlah ;)

No comments: